Sejarah Minyak Ikan

Sejarah Minyak Ikan – Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak ikan dikenal karena diyakini bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Sejarah Minyak Ikan

Minyak hati ikan Cod (Cod liver oil), merupakan salah satu jenis minyak ikan yang sudah digunakan selama ratusan tahun. Sejarah Minyak Ikan pada Masyarakat miskin di Inggris bagian utara, Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia, dan Newfoundland memberikan minyak hati ikan Cod untuk hewan ternak mereka. Setelah melihat bahwa minyak hati ikan Cod ini membuat hewan ternak begitu sehat, akhirnya mereka mulai mengonsumsi minyak ikan tersebut untuk diri mereka sendiri. Para nelayan menggosokkan minyak hati ikan Cod pada kulit dan sendi yang terasa nyeri. Mereka juga mengonsumsi minyak ikan untuk melawan pilek dan flu ketika berada di laut.

Sejarah Minyak Ikan

Sejarah Minyak Ikan

Komposisi Minyak Ikan

Sejarah Minyak Ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang berminyak. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA), dan docosahexaenoic acid (DHA), yang merupakan prekursor untuk eicosanoids yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Beberapa ikan kecil tertentu mendapatkan minyak ikan dari hasil memakan ganggang mikro (microalgae) yang memproduksi asam lemak tersebut. Ikan yang lebih besar yang mengandung minyak menjadi predator dengan memakan ikan kecil yang tubuhnya kaya akan asam lemak.

Manfaat Minyak Ikan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar DHA dan EPA dalam ikan atau suplemen minyak ikan memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu :

  • Menurunkan kadar trigliserida
  • Memperlambat pembentukan plak pada pembuluh darah
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit stroke pada orang yang diketahui menderita penyakit jantung
  • Menjaga kulit terlihat lebih muda
  • Meningkatkan fungsi otak

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan salah satunya adalah untuk ibu hamil. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk ibu yang sedang hamil maka bisa membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh untuk mereka dan bayinya. Dan untuk hal ini, bayi mereka biasanya akan jauh lebih cepat dalam mengatasi penyakit pilek, jika selama kehamilan si ibu mengonsumsi sekitar 400 miligram suplemen atau mengonsumsi minyak ikan yang mengadung DHA maka sangat baik untuk kesehatan si bayi.

DHA sendiri sangat penting untuk anak yang masih di dalam perut dan bayi yang baru dilahirkan. Untuk wanita sedang hamil maka dianjurkan sekali untuk memenuhi kebutuhan minyak ikan dan mencukupinya dengan baik. Namun lebih baik lagi jika mengonsumsi ikan segar. DHA merupakan salah satu dari 3 jenis asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan di dalam ikan dan juga didalam manfaat minyak ikan. Dan sementara itu, DHA sendiri memang sudah terbukti untuk membantu dan berpotensi dalam memanfaatkan untuk perkembangan secara kognitif dari perkembangan daya tahan tubuh dan juga penyakit jantung. Tetapi tidak sedikit dari ibu hamil yang mengkhawatirkan mengenai makan ikan karena mengandung merkuri di dalamnya.

Selain itu, DHA sangat baik dan sangat penting untuk otak bayi secara dini dan juga untuk pengembangan matanya. Hal ini adalah salah satu perisai yang penting yang tidak bisa dipenuhi oleh kandungan asam lemak yang lain. Selain itu, DHA sendiri kemungkinan juga sangat baik untuk kesehatan jantung, pengembangan pada sistem pembuluh darah dan juga untuk sistem kekebalan daya tahan tubuh.

Dibawah ini beberapa manfaat minyak ikan untuk kesehatan adalah :

  1. Membanttu mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung. Manfaat minyak ikan sendiri bukan hanya membantu dalam menurunkan tingkat trigliserida, pengerasan yang terjadi pada arteri dan juga koelsterol, namun juga bisa membantu mencegah terjadinya kelainan pada irama jantung. \
  2. Manfaat minyak ikan sudah terbukti bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat. Kandungan omega 3 yang ada di dalam minyak ikan bisa membantu menjaga serta memelihara sel-sel yang sehat yang bermutasi menjadi penyakit tumor, dan bisa membantu mengendalikan atau mengontrol pertumbuhan dari sel jahat.
  3. Manfaat minyak ikan juga sangat baik dalam membantu mengatur atau mengendalikan kadar kolesterol akibat dari kehadiran dari EPA dan DPA
  4. Manfaat minyak ikan bisa digunakan dalam membantu mengobati penyakit hipertensi darah tinggi dan masalah obesitas. Salah satu penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi minyak ikan yang dilakukan secara teratur dan rutin maka bisa membantu menurunkan berat badan.
  5. Minyak ikan untuk membantu mengatasi radang sendi. Penggunaan dalam jangka panjang dari minyak ikan sangat efektif dalam membantu memgurangi serta mencegah dari terjadinya penyakit nyeri sendi.
  6. Manfaat minyak ikan untuk membantu menurunkan resiko terjadinya demensia penyakit alzheimer dan penyakit skizofrenia. Skizofrenia adalah salah satu jenis gangguan kesehatan jiwa dan juga kondisi kesehatan medis yang bisa mempengaruhi bentuk fungsi dari normal secara kognitif, emosional dan juga tingkah laku seseorang.
  7. Kandungan omega 3 yang ada di dalam minyak ikan bisa membantu untuk melembapkan sel kulit kepala, membantu menghasilkan kolagen, serta meredakan terjadinya peradangan pada kulit yang terjadi karena penyebab dari ketombe yang datang.

Sejarah Minyak Ikan


=====================================

>>> Kapsul Minyak Ikan Salmon Untuk Meningkatkan Fungsi Otak, Menambah kecerdasan, dan Daya Konsentrasi Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil/Menyusui, Membantu Menjaga Kesehatan Fungsi Jantung, Menurunkan Tekanan Darah, Menurunkan Kadar Kolesterol Serta Mencegah Penyakit Degeneratif Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *