Cara Membuat Minyak Ikan

Cara Membuat Minyak Ikan – Cara membuat Minyak ikan diperoleh dengan cara ekstrasi. Ekstraksi minyak adalah suatu cara untuk mendapatkan minyak atau lemak dari bahan. Cara ekstraksi yang biasa dilakukan, yaitu metode ekstraksi dengan aseton, metode ekstraksi dengan hidrolisa, metode Dry Rendering, metode Wet Rendering dan ekstraksi dengan silase.

Cara Membuat Minyak Ikan

Cara Membuat Minyak Ikan

Minyak Ikan

Pada Cara Membuat Minyak Ikan dilakukan metode Wet Rendering, yaitu proses yang umumnya digunakan untuk membuat tepung ikan. Tahap proses ini meliputi kombinasi pemasakan dan pengeringan dengan menggunakan uap panas pada keadaan hampa. Pengadukan secara lambat dilakukan selama pengeringan tepung ikan dan dilakukan pengepresan untuk memisahkan tepung dan minyak ikan.

Bahan baku industri minyak ikan adalah minyak ikan dari ikan-ikan pelagis dengan kadar lemak yang tinggi. Sumber minyak ikan tersebut dapat dari :

  1. Hasil ekstraksi yang khusus untuk diambil minyaknya
  2. Hasil ekstraksi dari pengolahan tepung ikan
  3. Hasil samping dari pengolahan ikan kaleng

Ketiga sumber pasokan tersebut dapat digunakan namun akan mempengaruhi kepada mutu minyak, harga bahan baku, dan jumlah ketersediaan pasokan. Untuk menanggulangi kemungkinan kekurangan pasokan bahan baku maka perhitungan jumlah ketersediaan pasokan tidak hanya berasal dari domestik tetapi juga berasal dari luar negeri (import).

Penanganan Bahan Mentah Ikan setelah ditangkap, diambil hatinya, cuci dengan air laut, kemudian masukkan kedalam kantong plastik. Kantong-kantong plastik itu kemudian dimasukkan kedalam peti berinsulasi dan dies dengan menggunakan es hancuran yang perbandingannya 1 : 1.

Pengesan ini dilakukan selama penangkapan hingga saat hati ikan tersehut diekstraksi minyaknya.Untuk memperoleh minyak, maka dilakukan ekstraksi dengan mencampur hati cucut botol dengan asam formiat teknis sebanyak 1% dari berat hati cucut botol (proses silase). Setelah 3 hail proses silase, kemudian dilakukan penyaringan hasil silase melalui kain blacu untuk memperoleh minyak kasar.

Setelah itu dilakukan pemurniaan minyak ikan. Tahapan-tahapan Cara Membuat Minyak Ikan dengan pemurnian minyak ikan, yaitu :

  • Penyaringan,
  • Degumming,
  • Nertlasisasi,
  • Pemisahan sabun,
  • Pemucatan dan Deodorisasi

Tujuan dari pemurnian minyak ikan adalah untuk menghilangkan rasa dan bau yang tidak enak, warna yang tidak menarik, dan memperpanjang masa simpan minyak sebelum dikonsumsi dan digunakan sebagi bahan mentah dalam industri. Kualitas minyak ikan yang dihasilkan pada proses pemurnian tergantung pada cara penyimpanan dan penanganan ikan sebelum dimurnikan

Pada tahap Cara Membuat Minyak Ikan penyaringan, minyak ikan yang diperoleh sebagai hasil damping pengolahan tepung ikan atau ikan kaleng disaring terlebih dahulu dengan penyaring kawat untuk memisahkan kotoran-kotoran visual seperti sisa daging dan gumpalan protein. Minyak yang telah bebas dari kotoran visual ditentukan kandungan asam lemak bebasnya (free fatty acid/FFA).

Deguming merupakan proses pemisahan getah dan lender yang terdiri Dri fosfatida, protein, residu karbohidrat, air, dan resin tanpa mengurangi jumlah asam lemak bebas dalam minyak

Degumming dilakukan dengan penambahan NaCl 8% kedalam minyak ikan pada suhu 60 derajat Celcius selama 15 menit. Larutan NaCl yang ditambahkan sebanyak 40% dari volume minyak yang dimurnikan dan selama degumming dilakukan pengadukan atau proeses degumming juga dapat dilakukan dengan menambahkan NaOH 2-3% air atau larutan NaCl, atau menambahkan larutan firofosfatida pada minyak, kemudian disentrifugas pada suhu 30-50 derajat Celcius. Getah fosfatida akan terpidahkan pada sentrifuse sebanyak 3,5% dari minyak asal.

Netralisasi adalah suatu prosesuntuk memisahkan asam lemak bebas dari mynak atau lemak dengan cara mereaksikan asam lemak bebas dengan basa atau pereaksi lainnya sehingga membentuk sabun (soap stoc)

Netralisasi dilakukan dengan menambahkan larutan NaOH 1N ke dalam minyak yang sudah mengalami proses degumming. LArutan NaOH 1N ditambahkan dalam minyak ikan pada suhu 60 derajat Celcius selama 15 menit. Jumlah NaOH yang ditambahkan ditentukan dengan rumus sebagai berikut:

%NaOH = %FFA x 0,142

Manfaat Minyak Ikan

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan tubuh adalah :

  1. Rendah lemak
    Karena sebagian besar dari jenis ikan berdaging putih atau juga ikan yang berdaging gelap misalnya seperti jenis ikan tuna sirip kuning atau juga sebagian jenis kerang-kerangan dan makanan laut yang lain mengandung kandungan lemak total yang rendah dibandingkan dengan sumber dari protein hewani yang lainnya.
  2. Membantu mengurangi kolesterol tinggi
    Manfaat minyak ikan adalah untuk membantu mengurangi tingkat kolesterol yang tinggi. Karena ikan mempunyai kandungan lemak jenuh yang rendah dibandingkan dengan jenis daging yang lain. Letak dari lemak jenuh ini biasanya mempunyai peranan yang paling aktif dalam membantu menaikkan kadar dari kolesterol jahat yang ada di dalam darah.
  3. Membantu antiinflamasi
    Manfaat minyak ikan untuk kesehatan adalah mengurangi terjadinya peradangan dan nyeri sendi. Karena minyak ikan sangat efektif dalam membantu mengurangi terjadinya peradangan dalam darah dan juga di dalam jaringan.
  4. Nutrisi otak
    Manfaat minyak ikan untuk kesehatan otak adalah karena kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya sangat penting untuk kesehatan otak kita. Asupan nutrisi tadi sangat dibutuhkan di dalam tubuh dan khususnya dibutuhkan untuk mereka yang tinggi di kota besar.
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Manfaat minyak ikan untuk kesehatan lainnya adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kapsul Minyak ikan memberikan khasiat sangat baik dalam mencegah terjadinya penyakit yang  belum jelas. Namun, dalam mengasup banyak minyak ikan sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan.

Cara Membuat Minyak Ikan


=====================================

>>> Kapsul Minyak Ikan Salmon Untuk Meningkatkan Fungsi Otak, Menambah kecerdasan, dan Daya Konsentrasi Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil/Menyusui, Membantu Menjaga Kesehatan Fungsi Jantung, Menurunkan Tekanan Darah, Menurunkan Kadar Kolesterol Serta Mencegah Penyakit Degeneratif Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Manfaat Minyak Ikan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>